Tips - Tips Memilih Kampus dan Jurusan kuliah, No. 2 Wajib dilaksanakan

Hai bro, hari ini saya ingin bagi – bagi tips tentang bagaimana cara memilih Kampus dan Jurusan saat ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ketika temen – temen sudah di penghujung senior high School atau sudah kelas tiga SMA Mungkin ada sebagian yang Masih bingung menentukan pilihannya, ingin langsung cari Kerja atau melanjutkan ke pergurguruan tinggi. Hal ini adalah wajar bro, Karena ini menyangkut masalah masa depan. Jadi pikirkanlah matang – matang pilihan anda. 


Jika pilihan anda adalah melanjutkan ke perguruan tinggi, maka  anda akan dihadapkan pada banyaknya Jurusan yang bisa anda pilih. Kadang – Kadang ini juga akan menjadi masalah,  karena bingung mau pilih Jurusan yang mana. Nah,  untuk itu saya akan memberikan tips – tips yang bisa anda jadikan pedoman untuk memilih Kampus dan Jurusan Kuliah.  Berikut adalah tips untuk memilih jurusan atau fakultas:

1. Cari Kampus dan fakultas/Jurusan yang telah terakreditasi minimal B

Sebelum anda memilih Jurusan tersebut, ada baiknya anda mencari kampus yang telah terakreditasi, ya minimal sudah memiliki nilai B. Jika akreditasi kampus minamal B maka sudah hampir dipastikan kampus tersebut sudah punya sarana dan prasarana yang baik. Setelah itu lihat apakah Jurusan/fakultas yang anda pilih juga sudah B akreditasinya. Kenapa ini penting, Karena biasanya ketika ada sebuah lowongan Kerja mereka mencari pendaftar dari kampus/Jurusan yang berakreditasi minimal B.

2. Pilihlah jurusan yang sesuai minat dan bakat

Khusus Untuk yang kedua inilah yang paling saya anjurkan, Karena Jika anda kuliah sesuai dengan minat dan bakat maka saya yakin anda akan lebih marasa nyaman dan tidak akan merasa sangat kesulitan ketika di perkuliahan. Sebagai contoh minat anda adalah di otomotif dan anda juga sekolah SMK di jurusan otomotif maka saya sarankan anda memilih jurusan Teknik ketika di perguruan tinggi. Dengan demikian ketika diperkuliahan anda tidak mulai dari nol lagi karena anda sudah mempelajari dasarnya ketika di SMK.  Sebenarnya ini juga berlaku Jika anda berposisi sebagai orang tua, Jangan sampai orang tua memaksakan kehendak untuk menyekolahkan anak dijurusan yang tidak dipilih atau disukai oleh anak karena ini bisa fatal akibatnya. Untung – Untung bisa lulus, ya kalau tidak menyerah ditengah perjalanan. Kan sangat disayangkan.

3. Carilah kampus/Jurusan yang sesuai dengan kemampuan secara finansial

Pertimbangan lain ketika anda akan melanjutkan Sekolah adalah dananya. Ya, dananya. Jika finansial kita tidak sanggup untuk memilih jurusan Kedokteran (Katanya Mahal banget) ya pilihlah jurusan yang lain.  Carilah kampus yang berada di daerah yang biaya hidupnya murah atau sesuai dengan perekonomian keluarga kita. Dengan demikian kita bisa meringankan beban orang tua atau kita (yang kuliah pakai suit sendiri). Kalau anda di Lampung saya sarankan untuk kuliah di Kota Metro, Karena disana biaya hidupnya termasuk yang paling murah dibanding daerah lainnya (Pengalaman).

4. Carilah kampus/Jurusan yang menawarkan banyak beasiswa

Ini juga penting ya bro, Jika Kampus yang anda pilih banyak memberikan beasiswa maka tentunya akan ada banyak kesempatan untuk medapatkan kuliah secara geratis.

5. Carilah Jurusan yang banyak dibutuhkan di dunia Kerja. 

Sebenarnya kuliah dengan Jurusan apapun pasti juga akan bermanfaat untuk hidup kita, dan lebih baik lagi jika orientasi anda bukan lulus-cari kerja tapi lulus-membuka lapangan Kerja. Akan tetapi tidak ada salahnya juga kita lihat dilapangan Kerja saat ini,  bagaimana prospeknya kedepan,  apa yang paling banyak dibutuhkan.

Itulah Tips – Tips yang bisa anda jadikan acuan dalam memilih Kampus atau Jurusan Kuliah. Semoga dengan membaca ini anda mendapatkan pencerahan dari kebimbangan dalam menentukan pilihan dimana anda kuliah dan di jurusan apa.

Berikut pertanyaan – Pertanyaan yang sering muncul seputar perkuliahan:

Apakah kuliah bisa menjamin kesuksesan? 

Tidak, akan tetapi dengan kuliah kita berusaha mencapai kesuksesan itu.

Apakah bisa kita memilih Jurusan yang tidak sesuai dengan jurusan kita waktu di SMA, misal kita dari Tata boga melanjutkan kuliah di Biologi? 

Bisa saja, asalkan anda mau menerima resikonya. Yakni memulai dari nol ya, harus lebih giat lagi belajarnya.

Memang ada Kampus yang banyak beasiswanya?

Banyak, coba cari di internet 

Apakah mungkin saya bisa kuliah, padahal saya dari keluarga yang sangat sederhana? 

Sangat Bisa, anda pernah dengar seorang mahasiswi yang ketika wisuda diantar oleh ayahnya dengan becak, atau mahasiswa yang bagi-bagi gorengan ketika wisuda?  Kalau belum coba cek di internet bagaimana kehidupan mereka. 

Ingat bro, sesuai janji Allah bahwa Barang siapa yang berilmu pasti akan diangkat derajatnya. Jadi tidak usah khawatir. Dan satu lagi, Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang merubahnya. Pasti anda semua tahu makna kalimat ini.

Sekian, Semoga bermanfaat
Amin...

0 Response to "Tips - Tips Memilih Kampus dan Jurusan kuliah, No. 2 Wajib dilaksanakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close