ABSTRAK Sekripsi Pengaruh Penggunaan Handout Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP

Siang Sob, anda sedang mengerjakan tugas akhir? atau butuh refrensi buat tugas anda?. Hari ini gue share abstrak tugas akhir alias skripsi gue, ini bukan plagiat ya, ini asli punya gue. Siapa tahu sobat-sobat ada yang butuh ini sebagai refrensi.


Gambar Hanya Sebagai Pemanis

Berikut abstrak Sekripsi gue, Semoga Bermanfaat


ABSTRAK 

Suranto, Joko. 2013. Pengaruh Penggunaan Handout Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas  VIII SMP Negeri 3 Tumijajar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Dra. HRA. Mulyani, M.TA.,(2) Drs. Partono M.Pd.

Kata Kunci: Pengaruh, Penggunaan Handout, Hasil Belajar

Proses belajar mengajar merupakan hal yang harus diperhatikan didalam penyelenggaraan pendidikan disuatu instansi pendidikan. Salah satu yang harus diperhatiakan adalah media pembelajaran, hal ini dikarenakan media pembelajran merupakan alat penyampai pesan yakni dari guru kemuridnya. Dalam pemilihan media pembelajran harus diperhatikan beberpa hal diantaranya adalah kemudahan dan penggunaannya, handout merupakan media pembelajaran yang mudah dibuat dan digunakan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan handout terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tumijajar semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini adalah VIII B sebagai kelas kontrol dan VIII D sebagai kelas eksperimen yang dipilih secara random. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design Design dan instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar angket dan tes. Teknis analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji perbedaan dua rata-rata.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 3,49 ternyata lebih besar dari ttabel sebesar 2,00 pada taraf signifikansi α = 5%, begitu juga pada taraf signifikansi α = 1% thitung lebih besar dari ttabel sebesar 2,66. Sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh penggunaan handout terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP N 3 Tumijajar semester genap tahun pelajaran 2012/2013, diterima. Oleh karena itu disarankan kepada sekolah untuk memfasilitasi siswa dengan media yang praktis dan mudah disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan siswa, yakni media handout. Guru dapat menerapkan media handout dalam proses pembelajaran.

Download Selengkapnya DISINI

0 Response to "ABSTRAK Sekripsi Pengaruh Penggunaan Handout Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel