Peran Guru Dalam Memfasilitasi Belajar Dari Rumah (BDR) Oleh Dr. Sri Kurnianingsih, MM., Psikolog

Modul Belajar Dari Rumah (BDR)
Modul Belajar Dari Rumah (BDR)

Peran Guru Dalam Memfasilitasi Belajar Dari Rumah (BDR). Assalamualaikum Sobat TerasFiska.com. Seperti yang kita ketahui, sejak ditetapkannya darurat Covid-19 pada tanggal 11 Maret 2020, Pemerintah mengeluarkan surat edaran Mendikbud No.4 tahun 2020 tentang penetapan aturan belajar dari rumah (BDR) dan bekerja dari rumah bagi Guru termasuk ayah bunda yang bekerja di satuan PAUD.

Dengan adanya aturan belajar dari rumah tersebut maka pembelajaran dilaksanakan tanpa tatap muka. Pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan media komunikasi virtual, seperti WhatsApp, Zoom dan aplikasi-aplikasi lainnya.

Dari situasi ini pasti akan timbul kendala atau masalah yang harus dihadapi selama BDR ini. Kendala tersebut muncul untuk orang tua dan tentunya untuk Guru. Permasalahan untuk orang tua muncul seperti fasilitas yang terbatas, kurang paham pembelajaran, dan daya dukung, sedangkan untuk guru permasalahan juga bisa terjadi karena kurangnya fasilitas dan kurang pahamnya pembelajaran jarak jauh (PJJ). Maka sinergi pemahaman orang tua dan guru dalam pelaksanaan BDR ini sangat dibutuhkan. 

Metode dan Media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)


Sekedar informasi, bahwasanya metode PJJ sesuai dengan permedikbud No. 15 tahun 2020 ada dua, yaitu:

1. Dalam Jaringan (Online/Daring)

Pada pembelajaran jarak jauh ini media yang digunakan ialah gawai atau laptop dengan berbagai aplikasi pembelajaran online/daring.

2. Luar Jaringan (Offline/Luring)

Pembelajaran jarak jauh dengan metode ini menggunakan media diantaranya adalah radio, televisi, modul belajar madiri dan lembar kerja, alat peraga dan media belajar dari benda yang ada dilingkungan sekitar.

Peran Guru Dalam Memfasilitasi BDR


Menurut Dr. Sri Kurnianingsih, MM., Psikolog peran guru dalam BDR adalah sebagai berikut:

1. Membantu orang tua dalam memunculkan ide atau imajinasi anak dalam berkegiatan dengan cara:
  • Memberikan referensi buku cerita atau link canal yotube cerita anak.
  • Guru mendongeng langsung pada anak melalui aplikasi pembelajaran daring.
2. Memberikan alternatif bermacam inspirasi kegiatan main anak agar orangtua dapat memilih menyesuaikan dengan minat atau imajinasi anak baik yang berkaitan dengan poin satu maupun tidak.

3. Berkomunikasi dengan orangtua terkait kegiatan main anak, mengelola dokumentasi yang dikirimkan anak (dicermati dan dianalisa), memberikan umpan balik berdasarkan pengamatan atas dokumentasi yang dikirimkan orangtua.

4. Kumpulan dokumentasi menjadi bahan untuk melakukan asesmen pada perkembangan anak.

BACA JUGA: Download RPPH KB/PAUD/TK 1 Halaman/Lembar Revisi 2020 Semester 1 dan 2
 

Catatan Selama Kegiatan BDR


Selama kegiatan BDR perlu diperhatikan juga beberapa hal berikut ini:
  1. Fokus BDR anak BERMAIN dengan senang sesuai minat bukan membebani anak (dan orangtua) dengan target guru.
  2. Guru harus sangat paham KONSEP BERMAIN agar dapat mendampingi dan memahamkan orangtua.
  3.  Tugas guru pada ranah MEMFASILITASI (berkomunikasi, memberikan ide, memberikan umpan balik) dan MENGELOLA dokumentasi kegiatan BDR yang dilakukan anak.
  4. BELUM TENTU anak tertarik dengan apa yang disiapkan. BIARKAN anak melakukan kegiatan yang diminatinya. Orangtua tetap memberikan DUKUNGAN untuk anak.

Untuk lebih jelas dan lengkapnya ayah bunda bisa mendownload Modul Belajar Dari Rumah melalui link yang saya sematkan. Unduh 

Demikianlah postingan kali ini tentang Peran Guru Dalam Memfasilitasi Belajar Dari Rumah (BDR). Semoga bisa bermanfaat bagi semua. Share postingan ini agar lebih bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung.

0 Response to "Peran Guru Dalam Memfasilitasi Belajar Dari Rumah (BDR) Oleh Dr. Sri Kurnianingsih, MM., Psikolog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel