Download Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS 2019

Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS 2019
Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS 2019

Terasfisika.com - Download Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS 2019. Pendaftaran CPNS 2019 sudah resmi di mulai malam tadi. Calon pendaftar sudah bisa mengakses halaman registrasi pada portal SSCN.

Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS 2019 ini berisi tentang segala hal informasi mengenai Proses pendaftaran CPNS 2019. Pedaftaran sudah dimulai pada hari Jum'at tanggal 11 November 2019 pukul 11.11 WIB.

Badan Kepegawaian Negara atau BKN merilis buku ini agar lebih memudahkan proses pendaftaran. Informasi mengenai Alur Pendaftaran CPNS 2019,  Hal-hal yang harus dipersiapkan oleh pendaftar serta tata cara pendaftaran dimuat lengkap pada Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS secara online ini.

Berikut ini merupakan detail singkat informasi yang di muat dalam Buku Petenjuk Pendaftaran CPNS 2019.

ALUR PENDAFTARAN CPNS 2019

  1. Megakses portal/link pendaftaran CPNS 2019. Pelamar mengakses portal https://sscn.bkn.go.id untuk mendapatkan informasi mengenai CPNS 2019 dan melihat menu SSCN (pendaftaran, Help Desk, Layanan Informasi, Log In, dll)  
  2. Membuat Akun. Dari menu registrasi, silahkan masukkan NIK dan No KK atau NIK KK. Kemudian anda harus melengkapi data: nama, tanggal lahir, jenis kelamin, e-mail, password dan pertanyaan pengaman. Lalu mengunggah pass foto dan mencetak kartu informasi akun. Untuk Lebih Jelasnya silahkan baca Cara Membuat Akun Pada Portal SSCN CPNS 2019. 
  3. Login SSCN. Pada tahap ini anda masuk atau login pada portal https://sscn.bkn.go.id menggunakan NIK dan Password yang telah didaftarkan pada langkah ke dua. 
  4. Daftar Instansi Pada tahap ini pelamar harus mengunggag foto pendaftar dengan menunjukkan Kartu Informasi Akun dan KTP. Kemudian pada tahap ini pendaftar melengkap instansi pilihan, jenis formasi, pendidikan, dan jabatan. Kemudian mengupload atau menunggah dokumen, setelah semua selesai Cek Resume dan terakhir Cetak Kertu Pendaftaran SSCN 2019. 
  5. Verifikasi Setelah pendaftar menyelesaikan proses pendaftaran, tim verifikator instansi akan melakukan verifikasi dokumen pendaftar. Hal perlu dilakukan pelamar pada tahap ini hanya menunggu sampai tanggal pengumuman kelulusan berkas.
  6. Masa Sanggah Pada tahap ini pelamar yang berkasnya tidak lulus dapat melakukan sanggahan. Pengajuan sanggahan harus dilakukan oleh pendaftar maksimal 3 (tiga) hari setelah tanggal pengumuman seleksi berkas/administrasi. Tim verifikator akan melakukan verifikasi sanggahan paling lama 7 (tujuh) hari danmengeluarkan hasil sanggah.
  7. Tes seleksi. Pendaftar yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi, kemudian mengkuti Tes Seleksi tahap selanjutnya.
  8. Hasil Seleksi. Tahap terakhir ialah yang paling ditunggu-tunggu oleh pendaftar, yakni Panitia CPNS 2019 mengumumkan kelulusan pendaftar.

 

BERKAS YANG HARUS DISIAPKAN SAAT MENDAFTAR


Ketika akan melakukan pendaftaran maka pendaftar harus sudah mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Berkas/dokumen tersebut yaitu:

  1. KK (Kartu Keluarga)
  2. E-KTP atau Surat keterangan dari Disdukcapil
  3. Ijazah Terakhir
  4. Daftar/Transkrip Nilai
  5. Pass Foto
  6. Dokumen Lain sesuai ketentuan Instansi yang dilamar 

TATA CARA PENDAFTARAN CPNS 2019


Berdasarkan Buku Petunjuk Pendaftaran tata cara pendaftaran CPNS 2019 sebagai berikut:

  1. Silahkan masuk ke portal SSCN (https://sscn.bkn.go.id)
  2. Membuat akun SSCN 2019
  3. Login Menggunakan NIK dan Pasword yang telah diregistrasi
  4. Mengupload Swafoto dengan menunjukkan KTP dan Kartu Akun
  5. Melengkapi data yang diperlukan (Memilih formasi dan Unggah Dokumen)
  6. Silahkan Cek Resume Pendaftaran dan Cetak kartu pendaftaran
  7. Verifikasi
  8. Mencetak kartu ujian dan melaksanakan Tes seleksi
  9. Pengumuman kelulusan
  10. Pemberkasan dan penetapan NIP

Untuk lebih lengkapnya mengenai Tata Cara Pendaftaran CPNS 2019, silahkan download Buku Pentunjuk Pendaftaran CPNS 2019 di bawah ini:

Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS 2019 Disini
 

0 Response to "Download Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel