Logo Paud, Guru Paud Wajib Tahu Makna dan Filosofinya.

Logo adalah sebuah tanda atau ciri khas baik itu suatu perusahaan, organisasi, produk ataupun lembaga.  Karena dengan adanya logo maka seseorang akan sangat mudah untuk mengingat dan mengenali logo tersebut.  Sehingga pembuatan logo biasanya akan dibuat sebaik mungkin karena logo akan dipakai terus menerus.  Logo harus memiliki nilai filosofi agar bisa terus memberikan gambaran semangat yang ada di dalamnya.

Demikian pula pada Logo PAUD. Dalam membuat logo PAUD  dibuat sedemikian rupa agar citra sekolah PAUD akan digambarkan dengan logo PAUD tersebut.  Bagi beberapa PAUD yang sudah memiliki Yayasan sendiri akan memiliki logo tersendiri yang akan bisa didesain lebih menarik lagi, meskipun logo PAUD pada umumnya sudah seperti logo-logo PAUD lainnya.  Untuk logo PAUD bisa dilihat di gambar.

Nah jika anda adalah seorang pendidik ataupun seseorang yang berkecimpung di dunia pendidikan khususnya untuk Pendidkian Anak Usia Dini (PAUD) maka tentunya harus mengerti dan paham arti dari logo PAUD tersebut. Jangan sampai logo hanya digunakan sebagai penghias Kop Surat tanpa tahu apa sebenarnya makna Logo Paud tersebut. Makna Logo menurut wikipedia.org dapat diartikan sebagai berikut:

Logo mrupakan sebuah sketsea atau suatu gambar dngan arti tertentu, dan mewakili sbuah arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya yang membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya. Logo wajib memiliki nilai filosofis dan kerangka dasar yang berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih laezim dikenal oleh pengelihataen atau visuale, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut. (Sumber: wikipedia)

Berikut ini Penjelasan makna logo PAUD dilihat dari sisi filosofinya

1. Bentuk Segi Lima Logo PAUD

Bentuk segi lima menggambarkan sebuah ideologi Negara kita yakni Pancasila.  Dimana didalamnya terkandung lima sila yang merupakan landasan sikap dan peranan keluarga dalam pendidikan, pemberian gizi dan pemeliharaan kesehatan anak serta penanaman sikap moral dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2. Gambar orang tua menuntun anak

Gambar ini mengandung makna bahwa orang tua memiliki dwi fungsi yakni bertugas untuk melindungi/mengayomi anak dengan tetap memberikan kebebasan akan tetapi juga orang tua wajib membimbing dan memberikan kepada anak (Filosofi dari Tut Wuri Handayani)

3.  Makna gambar dua anak

Gambar ini dua anak pada Logo Paud ini memiliki makna bahwa harus adanya kesejajaran hak pada anak, baik anak laki-laki maupun anak perempuan untuk memndapatkan pengasuhan yang baik agar tumbuh kembangnya optimal.

4. Lambang bulat di perut

Tanda Bulat di perut bermakna bahwa peranan orang tua sangatlah penting untuk menentukan masa depan seorang anak sejak usia dini yaitu sejak anak masih dalam kandungan. Anak memang lahir dengan kelebihannya masing-masing akan tetapi peranan orang tua dalam mengarahkannya jangan sampai terlupakan.

5. Gambar tiga buku

Dari gambar tersebut ada tiga makna filosofinya yang bisa diambil yaitu:

a. Buku Pertama melambangkan aspek keimanan, moral dan emosional anak.
b. Buku Kedua melambangkan unsur kesehatan, gizi dan pendidikan.Ketiga unsur tersebut tidak dapat di pisahkan dalam pengasuhan seorang anak.
c. Buku Ketiga mleambangkan usia anak intelegasi, prtumbuhan dan perkembangan anak dalam masa iritis 0 - 1 tahun, usia 2 - 3 tahun dan usia 4 - 6 tahun.

6.  Sehat, Cerdas, Ceria

Tulisan sehat cerdas dan ceria pada Logo PAUD melambangkan tentang tujuan pendidikan anak-anak PAUD agar menjadi anak yang sehat, cerdas dan ceria baik itu ketika sedang belajar atau anak sudah beranjak dewasa.




Arti, makena dan tujuan filosofis pada logo PAUD yang saat ini dipakai diharapkan mampu untuk membrikan semaengat kepada pihak sekolah maupun pihak orang tua agar pencapaian proses tujuan pembentukan anak usia dini dapat tercapai secara optimal.  Hal ini akan dapat terwujud jika adanya kerjasama yang baik antara guru (sekolah) dengan wali murid (orang tua)

Demikian penjelasan singkat tentang arti dan makna dari logo PAUD. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita. Untuk contoh logo-logo PAUD lainnya bisa dilihat digambar.

0 Response to "Logo Paud, Guru Paud Wajib Tahu Makna dan Filosofinya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close