Informasi Terbaru CPNS 2018, Jangan Sampai Ketinggalan!!!



Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya bahwa Pemerintah akan kembali membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Rencananya, pembukaan seleksi calon abdi negara tersebut akan dimulai setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, saat ini pemerintah masih terus melakukan persiapan terkait seleksi CPNS tersebut. Untuk jumlah formasi dan kebutuhannya akan ditetapkan pada bulan ini.

"Kita sedang persiapan, tetap masih menunggu formasi ditetapkan Menteri PANRB. Nanti ada pengumuman dari PANRB," ujar dia Minggu (20/5/2018).

Dia menjelaskan, jika penetapan formasi selesai bulan ini, maka pendaftaran CPNS bisa dibuka mulai Juni. Sedangkan seleksi akan dilakukan pada Juli atau setelah Pilkada.

"Formasinya harus ditetapkan bulan ini. Mungkien untuk pendaftaran saja bisa di Juni, akantetapi tesnya mungkin Juli, setelah Pilkada. Saya berharap setelah Pilkada seleksinya. Karena kalau sebelum Pilkada, nanti muncul masalah keamanan lagi," kata dia.

Menurut Pak Bima, Perjalanan seleksi hingga pengumuman lolos menjadi PNS tidak akan memerlukan waktu yang lama. Hanya saja setiap kementerian / lembaga (K / L) atau pemerintah daerah melakukan tes tambahan bagi para CPNS sesuai dengan bidang yang dibutuhkan.

"Bisacepat, kalau pada satu kementerian sudah selesai, bisa saja langsung diumumkan, tidak harus menunggu semuanya selesai. Tapi kan ada juga selain tes yang dilakukan oleh BKN, K/L ingin melakukan tes sendiri, sistem seleksi kompetensi bidangnya. Itu kan perlu waktu. Tapi kalau dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk SKD (seleksi kompetensi dasar CPNS) dalam empat bulan selesai," ‎tandas dia.

Hati-Hati, Beredar Hoaks Pengangkatan CPNS


Perlu untuk diketahui bahawa Kementerian PendayagunaanAparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menegaskan tidak pernah menerbitkan laporan penetapan e-formasi tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan tenaga kontrak pengangkatan CPNS periode 2016-2019.

Informasi yang beredar di medsos ini juga ditanggapi oleh Deputi SDMA Kementrian PANRB.

" Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tidak pernah mengeluarkan surat itu,” ujar Setiawan, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian PANRB, Jakarta, pada 16 Mei 2018.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum, Komunikasidan Informasi Publik Kementerian PANRB Herman Suryatman juga menambahkan, informasi yang tidak jelas sumbernya tersebut merupakan berita tidak benar alias hoaxs.

"Untuk itu, dihimbau kepada sluruh masyarakat untuk selalu waspada danmengecek kebenaran setiap informasi ke sumber resmi," tegasnya.

Untuk sebelumnya memang telah beredar di medsos tentang laporan penetapan e-formasi pengangkatan PNS yang seolah - olah dikeluarkan Kementerian PANRB pada 1 November 2017.

Data tersebut berisikan jumlah kuota formasi dari sejumlah instansi pemerintah pusat serta pemda yang ditetapkan dalam e-formasi. Informasi itu memaparkan kantor Regional, kode cepat, nama instansi, formasi, usul masuk dan ditetapkan.

Tidak jelas apa maksud pembuat surat tersebut menyebarkan berita bohong itu melalui media sosial, karena Kementerian PANRB tidak pernah menerbitkan kebijakan e-formasi untuk non-CPNS.

E-formasi merupakan usulan dari instansi pemerintah untuk formasi CPNS, hanya pihak berwenang yang bisa mengakses e-formasi.

Oleh karenanya, Herman menekankan agar masyarakat mengabaikan berita bohong tersebut, karena bukan mustahil ada upaya penipuan dari pihak-pihak yang berusaha mengambil keuntungan dengan penipuan.

Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa semua berita yang beredar di medsos tentang jumlah formasi penerimaan CPNS 2018 adalah berita bohong. Perlu diingatkan bahwa pada masa seperti sekarang ini pasti banyak orang yang tidak bertanggung jawab sedang mencari mangsa, untuk itu kita harus selalu waspada. Sebaiknya jika ada berita yang menyangkut masalah CPNS 2018 segera cross cek ke website resmi, www.menpan.go.id

0 Response to "Informasi Terbaru CPNS 2018, Jangan Sampai Ketinggalan!!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel