Pendaftaran SBMPTN 2018 - Penilaiannya Pakai Sistem Baru Ya!



Tahapan SNMPTN Baru saja usai dan sebentar lagi ada tahapan SBMPTN akan segera dilaksanakan. Sebelum kita bahas lebih jauh tentang SBMPTN 2018 yang akan dilaksanakan, tahukan kalian apa perbedaaan SNMPTN dan SBMPTN?

SNMPTN atau Seleksi Nasional masuk perguruan Tinggi adalah seleksi yang didasarkan berdasarkan prestasi dan portofolio akademik siswa yang didapatkan dari PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa). Jalur SNMPTN dilakukan tanpa tes, karena penilaiannya didasarkan pada prestasi calon mahasiswa selama bersekolah di SMA. Sebelumnya jalur ini dinamakan Jalur Undangan.

Artikel Terkait: Pengumuman SNMPTN 2018:Cara Cek Pengumuman dan Berikut 12 Portal/Link Alternatif

Sedangkan SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah Seleksi yang didasarkan dari hasil ujian tertulis. Dalam pelaksanaannya, SBMPTN tidak memperhitungkan prestasi siswa selama sekolah. Jadi walaupun kalian sering mendapatkan prestasi disekolah tetapi ketika mengikuti Ujian Tertulis SBMPTN kalian tidak lulus maka kalian tetap dianggap tidak lolos seleksi.

Kembali ke topik utama kita yakni SBMPTN 2018, kalau kalian berminat mengikutinya maka saya sarankan mulai hari ini kalian harus segera mempersiapkannya karena jalur SBMPTN 2018 akan segera dilaksanakan. Update terbaru yang perlu kalian ketahui tentang SBMPTN 2018 yakni tentang sistem baru pengambilan skor penilaiannya.

Perlu diingat bahwa sistem penyekoran SBMPTN 2018 berbeda dengan tahun lalu. Sistem penyekoran SBMPTN tahun lalu menggunakan sistem penilaian jika kalian menjawab benar makan nilainya empat, jika salah minus satu, dan yang tidak dikerjakan nilainya nol. Sedangkan untuk SBMPTN 2018 menggunakan sistem penilaian jika kalian menjawab benar maka mendapatkan skor satu dan jika jawabannya salah mendapatkan skor nol.

Untuk tahapannya, SBMPTN 2018 juga lebih disederhanakan menjadi dua tahapan.

Tahap pertama seluruh jawaban kalian akan diproses.

Tahap keduanya, menggunakan Response Butir, yang artinya soal dibagi kedalam tiga kategori Soal, yaitu soal mudah, sedang dan sulit. Dari tahap kedua ini digunakan untuk menghitung skor Peserta SBMPTN 2018. Jadi intinya, diantara peserta bisa saja mengerjakan dan mendapatkan jumlah soal benar yang sama akan tetapi belum tentu nilai akhir yang didapat juga sama. Hal ini dikarenakan tergantung dengan kreteria soal yang kalian dikerjakan.

Dibawah ini jadwal SBMPTN 2018 yang di dapat dari halaman sbmptn.ac.id:

1. 29 Maret 2018, Video cara pendaftaran SBMPTN dapat diunduh

2. 5 April 2018 s.d 27 April 2018, Pendaftaran Online SBMPTN UTBC

3. 18 April 2018 s.d 27 April 2018, Pendaftaran Online SBMPTN UTBK

4. 8 Mei 2018, Pelaksanaan Ujian Tertulis (UTBC dan UTBK)

5. 9 dan/atau 11 Mei 2018 , Pelaksanaan Ujian Keterampilan bagi yang memilih program studi tertentu

6. 3 Juli 2018 pukul 17.00 WIB, kalian bisa melihat pengumuman hasil SBMPTN 2018 melalui laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id atau bisa melaui laman pengumuman situs beberapa perguruan tinggi.

Artikel Terkait: Tips - Tips Memilih Kampus dan Jurusan kuliah

Sekian Postingan kali ini, semoga bermanfaat dan sekali lagi saya sarankan untuk mempersiapkan segalanya demi kelancaran dan keberhasilan SBMPTN 2018. Bye

0 Response to "Pendaftaran SBMPTN 2018 - Penilaiannya Pakai Sistem Baru Ya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close