Dampak Penggunaan Smartphone Bagi Anak, Baikkah Kita Berikan Sejak Dini?

Di jaman sekarang ini, smartphone sudah menjadi barang yang sangat familier di semua golongan masyarakat. Pada era 80 - 90 an sebelum smartphone lahir, HP atau handphone adalah nama yang populer di masyarakat. Handphone menjadi barang mewah yang hanya dimiliki oleh masyarakat kalangan atas.

Dampak Penggunaan Smartphone Bagi Anak
Dampak Penggunaan Smartphone Bagi Anak

Pada artikel kali ini, saya ingin mengulas bagaimana dampak positif dan negatif dari penggunaan smartphone, khususnya bagi anak-anak. Karena sekarang ini banyak para orang tua yang memberikan secara bebas anaknya untuk mengakses smartphone beserta konten-konten yang ada di dalamnya.

Banyak kasus - kasus yang terjadi di sekitar kita dan beredar di Media sosial yang berhubungan dengan Posel Pintar atau Smartphone. Kasus seperti seorang anak balita yang sedang bebas menonton video asusila di samping orang tuanya yang terjadi tahun lalu dan heboh di media sosial. Atau Kasus seorang anak yang menangis dan ngamuk ketika tidak bisa mengakses Youtube di HPnya karena tidak ada jaringan saat diajak mudik ke daerah belum lama ini. Lalu ada apa ini? Apakah Ini Kejadian yang biasa - biasa saja dan wajar?

Dari hal tersebut mari kita bahas dampak positif dan negatif dari penggunaan smartphone bagi anak:

1. Dampak positif Smartphone Bagi anak:


  • 1. Tidak Ketinggalan Jaman

Yak, sudah kita ketahui bahwasanya ponsel pintar atau smartphone saat ini menyediakan berbagai fitur yang sangat memudahkan bagi kita. Mulai dari Permainan, Komunikasi, dan Sampai dengan Aplikasi keagamaan pun bisa di muat dalam ponsel pintar ini. Ketersediaan aplikasi pendidikan juga menjadi salah fitur smartphone. Dengan penggunaan fitur - fitur pendidikan, seperti permaian yang mengandung pembelajaran, Al-Qur'an Digital untuk belajar membaca Al - Qur'an tentu sangat bermanfaat bagi anak-anak. Pemanfaatan tersebut tentunya menjadikan anak-anak menjadi "Melek Teknologi".


  • Menambah pengetahuan baru bagi anak

Pemanfaatan Smartphone sebagai media pembelajaran pastinya akan menambah wawasan baru bagi anak. Jika biasanya belajar hanya dari buku cerita maka dengan bantuan smartphone bisa belajar dari video animasi sehingga lebih praktis dan menarik.

  • Lebih mudah mengajarkan sesuatu dengan bantuan teknologi, smartphone khususnya

Seperti yang telah dijelaskan diatas, dengan melibatkan teknologi khususnya smartphone pembelajaran akan lebih menarik. Anak - anak tentu lebih antusias jika dalam kegiatan belajar.

2. Dampak Negatif Smartphone Bagi anak:


Jika diatas adalah dampak baiknya, maka sudah barang tentu pemakaian smartphone punya efek buruknya. Berikut dampak buruk penggunaan Smartphone:

  1. Jika memandangi smartphone terlalu lama sudah pasti tidak baik untuk mata anak
  2. Kecanduan Bermain Ponsel
  3. Anak menjadi malas untuk beraktifitas 
  4. Konten negatif penggunaan smartphone dapak mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak, baik fisik maupun mentalnya.

Demikanlah dampak positif dan negatif penggunaan smartphone bagi anak. Sebagai orang tua yang sayang kepada anaknya, seharusnya kita lebih sadar bagaimana dampak dari pemberian akses bebas ke smartphone serta konten-konten yang ada didalamnya. Jangan hanya dengan alasan supaya tidak menangis kita memberikan akses bebas yang nantinya malah bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangannya.

Kunjungin Juga Posting Menarik Lainnya:

Perangkat Pembelaran SMP/MTs Lengkap Klik Disini

RPP SD Lengkap   Klik Disini
RPP PAI SD Lengkap  Klik Disini
RPP PJOK Lengkap   Klik Disini

Bila kita melihat lebih jauh lagi, bahkan seorang yang sangat berpengaruh di dunia teknologi seperti Bill Gates (Yang punya Microsoft) pun sangat membatasi penggunaan smartphone untuk anak-anaknya, bukan karena beliau tak mampu beli tentunya tapi karena beliau tahu bagaimana dampak bila anak-anaknya bebas mengakses smartphone.

Smarphone-teknologi itu seperti pisau, jika kita gunakan baik maka akan sangat bermanfaat bagi kita. Tapi jika kita tidak pandai-pandai menggunakanya, maka ia bisa melukai diri kita.

Sekian, Semoga bermanfaat
Amin…

1 Response to "Dampak Penggunaan Smartphone Bagi Anak, Baikkah Kita Berikan Sejak Dini?"

  1. This is exceptionally instructive substance and composed well for a change. It's pleasant to see that a few individuals still see how to compose a quality post!  Kidslox

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel