Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Smartphone Bagi Anak

Di jaman sekarang ini, smartphone sudah menjadi barang yang sangat familier di semua golongan masyarakat. Pada era 80 - 90 an sebelum smartphone lahir, HP atau handphone adalah nama yang populer di masyarakat. Handphone menjadi barang mewah yang hanya dimiliki oleh masyarakat kalangan atas.



Pada artikel kali ini, saya ingin mengulas bagaimana dampak positif dan negatif dari penggunaan smartphone, khususnya bagi anak-anak. Karena sekarang ini banyak para orang tua yang memberikan secara bebas anaknya untuk mengakses smartphone beserta konten-konten yang ada di dalamnya. Sebenarnya saya sudah lama ingin mengulas tentang dampak positif dan negatif dari penggunaan smartphone ini, karena belum lama ini telah beredar sebuah video seorang anak kecil atau masih bisa dibilang balita sedang asyik menonton video asusila di smartphonenya dan lebih anehnya lagi anak tersebut sedang berada disamping orang tuanya. Entah bagaimana kejadian ini bisa terjadi, masih penuh tanda tanya di dalam benak saya.
Berikut dampak positif dan negatif penggunaan smartphone bagi anak menurut penulis:

Dampak positif:

  1. Anak tidak ketinggalan jaman
  2. Menambah pengetahuan baru bagi anak
  3. Lebih mudah mengajarkan sesuatu dengan bantuan teknologi, smartphone khususnya

Dampak negatif:

  1. Jika memandangi smartphone terlalu lama sudah pasti tidak baik untuk mata anak
  2. Kecanduan
  3. Anak menjadi malas untuk beraktifitas 
  4. Konten negatif penggunaan smartphone dapak mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak, baik fisik maupun mentalnya.
Demikanlah dampak positif dan negatif penggunaan smartphone bagi anak. Sebagai orang tua yang sayang kepada anaknya, seharusnya kita lebih sadar bagaimana dampak dari pemberian akses bebas ke smartphone serta konten-konten yang ada didalamnya. Jangan hanya dengan alasan supaya tidak menangis kita memberikan akses bebas yang nantinya malah bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangannya. Bila kita melihat lebih jauh lagi, bahkan seorang yang sangat berpengaruh di dunia teknologi seperti Bill Gates (Yang punya Microsoft) pun sangat membatasi penggunaan smartphone untuk anak-anaknya, bukan karena beliau tak mampu beli tentunya tapi karena beliau tahu bagaimana dampak bila anak-anaknya bebas mengakses smartphone.

Smarphone-teknologi itu seperti pisau, jika kita gunakan baik maka akan sangat bermanfaat bagi kita. Tapi jika kita tidak pandai-pandai menggunakanya, maka ia bisa melukai diri kita.

Sekian, Semoga bermanfaat
Amin…

0 Response to "Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Smartphone Bagi Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close