Kajian Teori Handout


sekedar gambaran :)

Media pembelajaran mempunyai beberapa kelompok, yaitu (1) media hasil teknologi cetak, (2) teknologi audio-visual, (3) hasil teknologi yang berdasarkan komputer, (4) penggabungan teknologi cetak dan komputer (Arsyad, 2011:29). Handout adalah termasuk media cetak karena handout berbasis teks atau tulisan didalam lembaran.  Istilah Handout memang belum ada padanannya dalam bahasa Indonesia. Handout biasanya merupakan bahan ajar tertulis atau cetak yang diharapkan dapat mendukung bahan ajar lainnya atau penjelasan dari guru.

Menurut Badan Pengembangan Akademik Universitas Islam Indonesia (2009) Handout atau HO adalah “segala sesuatu” yang diberikan kepada mahasiswa ketika mengikuti kegiatan perkuliahan. HO dimaksudkan untuk memperlancar dan memberikan bantuan informasi atau materi pembelajaran sebagai pegangan bagi mahasiswa.

Menurut Prastowo (2011:79) handout adalah bahan pembelajran yang sangat ringkas. Bahan ajar ini bersumber dari beberapa literatur yang relevan terhadap kompetensi dasar dan materi pokok yang diajarkan kepada peserta didik. Bahan ajar ini diberikan kepada peserta didik guna memudahkan mereka saat mengikuti proses pembelajaran. Dengan demikian bahan ajar ini tentunya bukanlah sesuatu bahan ajar yang mahal, melainkan ekonomis dan praktis.
Berdasarkan pengertian diatas dapat kita ketahui bahwa handout termasuk media atau bahan pembelajran cetak yang diberikan oleh guru kepada siswa saat mengikuti pelajaran yang berguna untuk mempermudah siswa dalam memperoleh informasi dan merupakan bahan ajar yang praktis dan ekonomis.
Pendapat lain tentang handout disampaikan oleh Slirawati (2010) bahwa:
Handout merupakan bahan ajar yang dituangkan secara ringkas yang berguna sebagai pegangan dalam pembelajaran. Dengan adanya handout guru membantu peserta didik dalam mengikuti pembelajaran secara lebih terarah dan terfokus, karena handout adalah sejenis kisi-kisi materi ajar yang akan disampaikan guru.
Guru yang terbiasa berpikir dengan alur pikir yang runtut dapat dengan mudah menulis handout ketika akan mengajar. Hal ini karena handout berisi pokok-pokok pikiran utama dari materi ajar yang disampaikan. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat handout, yaitu : 
1.    Berisi materi-materi yang pokok saja, bukan uraian detail materi.
2.    Biasanya dibuat untuk tiap bab / materi pokok / pokok bahasan.
3.    Bukan dibuat untuk setiap kali pertemuan, karena handout bukan rencana pembelajaran.
4.    Dapat disajikan dalam bentuk transparansi, power point dengan LCD, atau dalam bentuk cetak.
5.    Meski ringkas, handout mampu memberikan informasi penting tentang bahan ajar tersebut.
Berdasarkan ketiga pengertian diatas dapat diketahui bahwa handout merupakan suatu bahan pembelajran yang diberikan secara cuma-cuma kepada siswa yang berisi tentang ringkasan materi dan materi tersebut sesuai dengan kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh siswa.
a.    Fungsi handout
Media pembelajran ini tentunya memiliki fungsi-fungsi tertentu seperti yang diungkapkan oleh steffen dan peter ballstaedt dalam prastowo (2011:80) fungsi hand out antara lain:
1.    Membantu peseta didik agar tidak perlu mencatat
2.    Sebagai pendamping penjelasan pendidik
3.    Sebagai bahan rujukan peserta didik
4.    Memotivasi peserta didik agar lebih giat belajar
5.    Pengingat pokok-pokok materi yang diajarkan
6.    Memberi umpan balik.
Berdasarkan uraian diatas dapat diketahui bahwa handout memiliki fungsi yang sangat penting dalam pembelajaran, diantara fungsi-fungsi diatas semua mengacu pada kemudahan siswa untuk mendapatkan informasi saat mengikuti pembelajran, sehingga dengan demikian tujuan pembelajaran akan lebih mudah tercapai.
b.    Komponen Handout dan Jenis-jenis handout:
Menurut Badan Pengembangan Akademik Universitas Islam Indonesia (2009): Komponen handout terdiri dari:
1.    Identitas handout: Nama fakultas, jurusan/prodi, kode mata kuliah, nama mata kuliah, pertemuan ke, handout ke, jumlah halaman dan mulai berlakunya handout.
2.    Materi pokok/materi pendukung perkuliahan yang akan disampaikan; kepedulian, kemauan dan keterampilan dosen dalam menyajikan ini sangat menentukan kualitas HO.
Sedangkan Jenis handout dibagi berdasarkan karakteristik mata kuliah yang dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu handout mata kuliah praktek dan non praktek.
1.    Handout untuk mata kuliah praktek berisi:
a.    Materi pokok kegiatan praktek, di dalamnya;
b.    Langkah-langkah kegiatan/proses yang harus dilakukan mhs, langkah demi langkah dalam memilih alat, merangkai dan menggunakan alat/ instrumen yang akan digunakan/dipasangkan dalam unit/rangkaian kegiatan praktek
c.    Pembelajaran dengan melakukan praktek ini berbeda dengan pembelajaran teori, pengalaman dan keterampilan mhs sangat diharapkan dalam penggunaan alat/instrumen praktek (harus mutlak benar), salah dalam merangkai/menggunakan akan berakibat fatal, kerusakan atau bahkan kecelakaan.
d.   Perlu/seringkali dilakukan pre-test terlebih dulu, sebelum mhs memasuki ruangan lab/bengkel, untuk mengetahui sejauh mana mhs telah siap dengan segala apa yang akan dilakukan praktek tsb.
e.    Penggunaan alat evaluasi (reported sheet) sangat diperlukan untuk umpan balik dan untuk melihat tingkat ketercapain tujuan, serta kompe-tensi-kompetensi yang harus dikuasai dan dicapai oleh setiap mhs.
f.     Keselamatan kerja di lab/bengkel perlu dibudayakan dalam kegiatan praktek, baik praktek di lab mapun di bengkel.
2.    Handout untuk matakuliah non praktek:
a.    Acuan handout adalah SAP.
b.    Format handout
1.    Bebas (slide, transparansi, paper based), dan dapat berbentuk narasi kalimat tapi singkat atau skema/flowchart dan gambar.
2.    Tidak perlu pakai header maupun footer untuk setiap slide cukup yang halaman pertama saja.
c.    Content handout:  Overview materi dan Rincian materi.
Berdasarkan uraian komponen dan jenis-jenis handout diatas dapat penulis simpulkan bahwa komponen yang harus ada dalam handout ada dua macam yakni identitas handout dan materi pokok. Identitas ini berguna untuk mengetahui untuk apa, untuk siapa handout tersebut, dan kapan handout itu bisa digunakan. Sedangkan jenisnya juga ada dua yaitu: (1) handout untuk materi praktikum atau bisa dikatakan sebagai panduan praktik, (2) handout untuk materi non praktik atau biasa kita katakan ringkasan/rangkuman materi pokok pembelajran.

c.    Memahami langkah-langkah penyusunan handout
Dalam menyusun handout, maka handout tersebut paling tidak harus mengandung beberapa komponen, seperti menuntun pembicaraan secara teratur dan jelas, berpusat pada pengetahuan hasil dan pernyataan padat, serta grafik dan tabel yang sulit digambar oleh pendengar dapatdengan mudah didapat.
Menurut Prastowo (2011:86) adapun langkah-langkah penyusunan handout adalah sebagai berikut:
1.      Laukan anlisis kurikulum
2.      Tentukan judul handout dan sesuaikan dengan kompetensi dasar serta materi pokok yang akan dicapai.
3.      Kumpulkan refrensi sebagai bahan penulisan usahakan refrensi yang digunakn terkini dan relevan dengan materi pokoknya.
4.      Dalam menulis, usahakan agar kalimat yang digunakan tidak terlalu panjang.
5.      Evaluasi hasil tulisan dengan cara dibaca ulang.
6.      Perbaiki handout sesuai dengan kekurangan-kekurangan yang ditemukan.
7.      Gunakan berbagai sumber belajar yang dapat memperkaya materi handout, misal buku, majalah, internet, atau jurnal hasil penelitian.
Berdasrkan pendapat diatas dapat kita ketahui bahwa dalam pembuatan handout perlu mengikuti beberapa langkah-langkah penyusunannya, hal ini dimaksudkan agar handout yang dibuat dapat lebih menarik dan relevan dengan kebutuhan yang siswa dalam pembelajaran. 
Daftar Pustaka:
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
Badan Pengembangan Akademik Universitas Islam Indonesia. 2009. Panduan Pembuatan Bahan Ajar (DIKTAT, MODUL, HANDOUT). (online). (http://www.uii.ac.id/index2.php?option=com_docman&task=doc_view&gid=85&Itemid=507)
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar  Inovatif. Yogyakarta: DIVA press
Slirawati, Das. 2010. Teknik Penyusunan Modul Pembelajaran, (online), (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/PengmbGN%20Modul%20dan%20Bhn%20Ajar_0.doc)

0 Response to "Kajian Teori Handout"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close